Jumat, 03 November 2017

BACKPACKER KE LOMBOK? Siapa takut !


Diajakin ngetrip ke Lombok lewat jalur darat? Yakin kalian gamau? 

Awalnya sih cuma punya niat explore Lombok aja, dan sama sekali ngga ada pikiran buat naik gunung. Tapi, gue tetep bawa beberapa peralatan naik gunung.

Waktu itu gue berangkat dari Yogyakarta sekitar jam 07.00 WIB naik kereta Sri Tanjung tujuan stasiun Banyuwangi Baru dengan harga Rp.94.000,- . Sampai di Banyuwangi sekitar jam 20.30 WIB yaaaa, lama banget kan dijalan. Apalagi kereta ekonomi yang kursinya lurus sembilan puluh derajat. Kebayang nih kan pegelnya kaya apa. Nah kalian juga harus bawa bekal yaa buat makan di kereta. Karena kalo kalian beli makan pas dikereta itu mahal bangettt.

Sampai di Banyuwangi gue mampir ke kota buat meetup bareng temen temen di banyuwangi. Waktu lagi ngopi, ketemu sama temen yang stay di bali om nemo namanya dan abis jalan jalan di banyuwangi. Sebenernya dia mau pulang hari berikutnya, tapi mendadak ada kerjaan dikantornya, dan akhirnya malem itu juga dia langsung balik ke bali. Dan gue ngikut sama om nemo.
gue sama temen temen naik kapal ferry sekitar pukul 12.00 malam, kita naik travel sampai ke denpasar. Harganya sekitar Rp 60.000,-/ orang tapi cuma sampai denpasar. Niatnya mau naik bus sampai di pelabuhan padangbai di bali. Tapi kata supir travelnya ngga ada yang sampai padangbai, tapi ternyata ada!! saran gue kalian cari bus dari Ketapang - Padangbai aja ya soalnya cuma kena  Rp.60.000,- ribu doang.

Kita sampai di Pelabuhan Gilimanuk sekitar jam 02.00 nah travel kita langsung jalan ke Denpasar, sampai di terminal ubung sekitar jam 06.00 pagi. gue ngga turun di terminal ubungnya guys, tapi turun di kantornya om nemo. Sampe kantor dia sekitar jam 07.00 pagi. Abis itu dianter nyari bus buat ke padangbai, nah setelah lama nyari kita dapet deh tuh busnya. Lupa waktu itu naik darimana yang pasti gue ditarik Rp.30.000,- buat sampe ke padangbai. Nah di perjalanan gue ketemu sama orang orang yang ngeracunin banget, nah disinilah gue mulai berubah pikiran buat naik gunung rinjani. Diperjalanan menuju padangbai ini gue bimbang, kaya orang bego, antara mau explore lombok atau ikuit naik rinjani. Abang abang ini nih yang naik bus dari Ketapang - Padangbai.

Setelah sampai di padang bai kita langsung menuju tempat penjualan tiket. Untuk orang dewasa di kenakan sebesar Rp.40.00,- buat sampe ke Lembar.
Kapal kita berangkat sekitar pukul 09.00 pagi.
Gue excited bangeeettt!!! ini firs time gue naik kapal brooo, haha kampungan banget yaaa
Saran sih lo musti bawa makanan sebelum naik kapal yaaa karena beli makan di kapal itu mahaaaaal!
Sempet tanya tanya sama orang orang yang udah sering naik kapal, katanya sih sekitar jam 1  siang udah sampe. Yaaa cuma butuh waktu 4 jam doang. Sampai di pelabuhan lembar bener sih cuma 4 jam. Tapi itu belum termasuk ngantri buat kapal masuk ke dermaga. Dan akhirnya kita turun dari kapal sekitar jam 4 sore. Nah abang bang yang tadi ketemu di bus itu naik kapal bareng sama gue. Dan mereka bilang punya tebengan buat sampe ke sembalun.
FYI guys, kalo dari Pelabuhan Lembar sampai di Terminal Bertais, kalian bisa naik angkot atau engkel perorang dikenakan sekitar Rp 15.000,- .
Akhirnya gue ikut nebeng dia sampai di kota mataram. Setelah turun di mataram gue dijemput sama temen gue namanya mas fahmi. Sampai disini  masih mikir mau jadi naik gunung apa engga. Setengah jam kemudian berubah pikiran, gue mutusin buat ikut naik Gunung Rinjani. Dan langsung ngabarin abang tadi dan untungnyaaa dia masih di mataram. Dan akhirnya gue dianter temen  ke bengkel itu dan jadi ikut ke rinjani !
Sayangnya semua foto perjalanan dari jogja ke lombok itu udah delete karena hp rusak dan belum sempet di pindahin aaarrrgh.

Oya ada info tambahan lagi guys kalo kalian bingung mau nginep dimana di lombok mending kalian stay dulu di Rumah Singgah Lombok. Disini menerima para backpacker loh. Dan kalian harus ngabarin dulu satu hari sebelum kesini ya, alias ngga boleh mendadak. Untuk info kontaknya bisa diliat di bio instragam @rumahsinggahlombok.
Jadi perkiraan biaya dari Yogya - Lombok yaitu
Kereta dari jogja - Banyuwangi           :         Rp 94.000,-

Bus dari Ketapang - Padangbai           :         Rp 60.000,-

Kapal dari Padangbai - Lembar          :         Rp 40.000,-

Angkot (engkel) dari Lembar - kota    :         Rp 15.000,-

                                ------------------- +

                                 Rp 209.000,-

Yaaaa cuma dengan Rp 209.00,- ini kalian bisa sampe di Mataram loh guys , tapi ini diluar ongkos buat naik gunung dan ongkos makan ya hihihi. Semoga artikel ini membantu kalian yang pengen backpacker murah! Happy Holiday !!
 

15 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih udah mampir bang hihihi

      Hapus
    2. Ternyata tidak semahal yang saya pikirkan selama ini. Hehehe

      Hapus
    3. engga mahal kok mas, asal niatnya backpacker dan ga malu buat numpang kendaraan lain wkwkwkkw

      Hapus
  2. Jadi pengen...ehh ke teteh Rinjaninya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kebetulan. harus baca postingan selanjutnya nih, tentang rinjani ! stay tune ya. dan makasih banyak udah mampir hihi

      Hapus
  3. Jadi tambah pengen rinjani beneran ini 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok rinjani. terlalu indah untuk di lewatkan loh wkkkw

      Hapus
  4. Balasan
    1. kemarin sih total 4 hari 3 malam kita bang. cuman karena turunnya lewat torean, jadi agak lama

      Hapus
  5. mantap!eh tapi bukannya transportasi untuk ke padangbai itu jarang ya nggar???

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok sebenernya kalau mau nyari bang. apalagi yang dari ketapang. cuman kebanyakan pd dibilang ngga adasama supir travel biar pada naik travel

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. kasih gambar kak postingannya biar makin manis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak cuman kalau foto yang perjalanan ke lombok itu fotonya hilang semua :(. disitu udah aku tulis kenapa ga dikasih gambar

      Hapus