Senin, 12 November 2018

Goa Barat, Goa Bagi Para Pecinta Adventure


Goa Barat? Pasti masih asing ditelinga bukan? Goa ini memang tak se terkenal Goa Petruk, dan Goa Jatijajar. Namun menurut saya, ini adalah goa paling cantik yang berada di Kebumen. Wajar saja Goa ini tidak terlaulu terkenal, karena medannya yang cukup sulit, hanya orang orang tertentu yang mau menyusuri goa ini. Kira kira apa kamu tartarik menyusuri goa ini? Yuk simak informasinya.
Goa Barat terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen dan berada di sabelah timur Goa Jatijajar. Diberi nama Goa Barat arena di dalam goa anginnya cukup kencang. Kata "barat" dalam bahasa jawa berarti "angin". Goa ini memiliki trek 99% air dengan kedalaman bervariatif antara 0,5 sampai 10 meter. Jadi kita wajib pakai pelampung. Total waktu perjalanan kurang lebih 6 jam pulang pergi. Saat masuk ke mulut goa kita akan menuruni anak tangga sepanjang 300meter.

Goa ini sangatlah gelap, apabila wisatawan masuk ke goa, banyak kelelawar yang beterbangan. memang seram diawal, tapi semakin masum kedalam goa, pemandangannya santa luar biasa. Penerangan hanya berasal dari headlamp wisatawan dan obor sang guide.

Photo taken by @hood_son
Sepanjang perjalanan kita akan melihat stalactit dan stalagmite yang masih aktif. Selain itu kita juga bisa menjumpai batu batuan yang jarang kita lihat di permukaan tau diatas tanah. Karena trekknya 99% air maka 3 jam perjalanan tidak terasa lelah, hanya berenang mengikuti panduan guide dan harus berhati hati karena banyak batuan tajam. Terkadang kita juga harus jongkok atau merangkak untuk melewati bebatuan di dalam.

Goa Barat dijuluki sebagai goa dengan 100 air terjun, karena jumlahnya sangat banyak. Salah satu air terjun yang menjadi tujuan wisatawan adalah Air Terjun Superman Big Sister. Air Terjun ini memiliki ketinggian 32 meter dengan air yang sanat deras. Dibawah Air Terjun ini terdapat kolam yang lumayan dalam. Kolam ini cocok untuk berenang, tapi ingrat, kalian harus tetap menggunakan pelampung ya, karena arusnya cukup deras.

Air Terjun Superman Big Sister
Photo taken by @hood_son

Cukup dengan Rp 50.000,- / orang (diluar tips guide)
Fasilitas : - Helm
                 - Sepatu
                 - Pelampung
Ada baiknya konfirmasi karena harga bisa berubah (081327120420)

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa disampaikan untuk pertanyaan bisa lewat kolom komentar. Semoga Informasinya bermanfaat.

Terimakasih.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar