Sabtu, 10 November 2018

Bukit Pentulu Indah, Bukit Cantik Yang Terletak di Sisi Utara Kebumen


Karangsambung memang tidak ada habisnya. Ada satu bukit yang selalu menjadi primadona, yaitu bukit Pentulu Indah. Bukit yang terletak di Dukuh Dakah, Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Tak hanya landscape pegunungan di sisi utara yang telihat menawan, ada juga pemandangan eksotis di sisi simur, yaitu Gunung Sindoro dan Sumbing.
Pukul setengah lima pagi kami berangkat dari hotel menuju Bukit Pentulu Indah. Dari pusat kota membutuhkan waktu kurang lebih 35 menit menggunakan roda empat. Jalan yang berkelok membuat sang driver harus berhati hati, karena di pagi hari banyak pengguna jalan lain. Misalnya orang orang yang menuju Karangsambung sehabis dari kota untuk berbelanja. Di sepanjang jalan juga banyak orang ber olahraga pagi. Udara pagi di Kebumen memang masih bersih, apalagi di sepanjang jalan menuju Karangsambung ini, banyak pohon rimbun serta pegunungan yang menjulang tinggi, ditambah kabut yang membuat udara semakin sejuk.

Sekitar 35 menit berlalu, sampailah kami di Parkiran Bukit Pentulu Indah. Biasanya di hari Minggu akan banyak orang yang datang berkunjung, tapi kami beruntung, saat berkunjung kesana, tidak ada pengunjung lain. Jadi bukit ini sedang dalam kondisi sepi. Bukit Pentulu Indah ini sejatinya adalah hutan pinus, namun ada bagian yang terbuka disisi utara, seringa pemandangan pegunungan terlihat jelas. 

Di belakang tulisan itu ada tanjakan yang tak terlalu tinggi untuk mencapai atas bukit. Kurang lebih 5 menit berjalan kaki dari tempat parkir, kita sudah bisa mencapai bukit ini. 
Dengan jalan yang agak menanjak dan banyak batuan yang berbalut tanah, maka kita harus hati hati, karena agak licin. Sesampainya diatas bukit, kami takjub akan pemandangannya. Untungnya kami tidak kesiangan, jadi masih bisa melihat sunrise dari atas bukit ini walaupun matahari tidak terlihat sepenuhnya. Kabut pun turut menghiasi pepohonan dan menambah sejuk udara disana.  


Selain viewnya yang cantik. Bukit ini juga terdapat papan selfie diatas pohon. Satu papan selfie tersebut  hanya bisa dinaiki oleh 2 orang saja. Jadi pengunjung bisa mengabadikan foto di sini dengan view dari atas yang membuat pemandangan semakin ciamik. Sebenarnya kalau kesini di musim hujan, melihat sunrise itu adalah keberuntungan, karena terkadang di musim hujan kita tidak bisa melihat apapun, alias bukit ini di penuhi kabut tebal. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini yaitu di bulan April - Oktober atau saat musim kemarau. Karena di musim kemarau, matahari akan berada diantara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. 
Bukit Pentulu Indah ini juga termasuk dalam kawasan Geopark Karangsambung. Jadi selain belajar di LIPI, kita juga bisa belajar disini loh. Sudah ada papan penjelasannya kok. Tenang hehehe 


Disini juga terdapat toilet, jadi kalian gaperlu bingung bingung kalau kebelet buang air hehehe. Ohya, di lereng bukit sisi utara juga terdapat sawah terasering, yang membuat pemandangan semakin menawan. Saat dimusim tanam padi, terasering akan terlihat seperti lapangan hijau yang berundak undak, sehingga sangat sejuk dipandang mata, sayangnya kemarin belum memasuki musim tanam, jadi yang terlihat hanya tanah yang berundak undak. Berikut  ini akan ada foto yang diambil oleh Bang Yuda atau dikenal sebagai @catatanbackpacker, foto ini diambil dari atas menggunakan drone miliknya. 

Photo Credit @catatanbackpacker
Gimana? pemandang dari atas juga negam kalian keren kan? hutan pinusnya bikin mata seger. Oh iya
di parkiran juga terdapat banyak warung, mereka menjual makanan yang bisa buat ganjal perut hihi, dari mulai mie, sampai tempe mendoan !! 
Selain itu kita juga bisa bersantai di warung sambil menikmati kopi!. Bayangin deh ngopi di hutan pinus yang penuh kabul. Brrrrrrr pasti menyenangkannn!
Tunggu apalagi? Jadikan bukit Pentulu Indah ini sebagai tujuan di akhir pekan besok yuk !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar